Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cara membuat video dari beberapa file foto

Setelah beberapa hari yang lalu kita membahas tentang cara menambahkan teks dalam video,. pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat video dari beberapa foto yang nantinya bisa dinikmati bersama keluarga dengan di play menggunakan vcd atau dvd player.

Biasanya foto-foto tersebut merupakan foto spesial, seperti pernikahan, ultah atau perayaan hari valentine bersama pasangan anda. Sangat disayangkan jika dokumen untuk momen spesial itu tidak disajikan dengan cara yang spesial juga.
cara membuat video dari foto
Oke, langsung pada pembahasan, untuk membuat video dari beberapa foto ini, langkah pertama kita menggunakan software video editing, yakni Videopad Video Editing. Software ini sangat user friendly jadi sangat mudah untuk digunakan dan dioperasikan. Software editing video ini milik NCHSoftware yang di gratiskan alias free. Untuk informasi lebih lanjut dan link download, silakan baca artikel “Review & Download Videopad Video Editing”.. Langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:
  1. jalankan Videopad dan buka menu add media yang terletak pada sisi kiri bagian atas pada layar monitor untuk memulai menambahkan foto-foto yang akan dijadikan video. Atau sobat indoblog juga bisa langsung drag foto-foto tersebut ke dalam layar tepat di menu clip yang berada dibawah menu add media dan media list.
  2. Setelah selesai menambahkan foto-foto tersebut, tekan ctrl + u pada keyboard anda untuk melihat previewnya. saya yakin video tersebut masih terlalu sederhana, karena setiap perubahan dari foto satu ke foto yang lain masih belum diberi sebuah transisi.
  3. klik foto yang akan diberi transisi, kemudian pilih menu transisi yang terletak sejajar dengan menu media list dan effet. Banyak sekali jenis transisi yang ada, seperti Shatter, Flip, Roll, Zoom dan lain sebaginya. Silakan pilih sesuai keinginan sobat indoblog..
Setelah selesai, langsung lihat previewnya, saya yakin hasilnya keren, tidak sesederhana sebelum diberi tansisi. Bila sudah oke, silakan save movie dengan format yang telah disediakan di sana.
Namun, sebuah video tanpa adanya audio, lagu atau musik ibarat masak tanpa garam, sangat tawar bukan :)

Nah untuk menambahkan audio atau musik dalam video tersebut cukup mudah. Cukup drag musik atau audio tersebut dalam menu “drag your sound here”. Atur lama audio tersebut dengan menyesuaikan lamanya video tentunya. Setelah selesai, save movie dengan format yang dikehendaki kemudan klik ok dan tunggu proses pembuatan video dari beberapa foto menggunakan videopad selesai. 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar